Konfigurasi VLAN (Virtual Local Area Network)

Pengertian VLAN

Hallo guys Saya disini, dan ini adalah postingan pertama saya. Oke langsung saja kita bahas apa itu VLAN? VLAN kepanjangan dari (Virtual Local Area Network ). 
VLAN adalah merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. 

Konsep VLAN
Sebuah switch pada umumnya mengganggap semua interface berada pada satu broadcast domain. Sehingga, semua komputer yang terhubung ke switch tersebut berada pada satu LAN yang sama. Dengan adanya VLAN, switch dapat meletakkan beberapa interface ke dalam sebuah broadcast domain dan beberapa interface lain ke dalam broadcast domain lain yang berbeda, sehingga terciptalah multiple broadcast domain

Keuntungan MenggunakanVLAN

Security (keamanan)
Administrator akan dapat memiliki kontrol ternhadap setiap port dan user dengan cara membuat VLAN dan menciptakan banyak kelompok broadcast, dengan demikian user tidak akan bisa lagi dengan leluasa untuk menghubungkan work station mereka ke sembarang port pada swich dan memperoleh akses ke sumber daya network.
Cost reduction (penghematan biaya)
Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
Higher performance (performa tinggi)
Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.
Broadcast storm mitigation.
Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm (sebuah jaringan yang tidak diinginkan, dan menggunakan substansial bandwidth).
Improved IT staff efficiency (peningkatan kinerja pekerja IT)
Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.
Simpler project or application management
Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.


Pengaturan switchport mode truk pada VLAN pada Switch A (SWA). Dengan mengggunakan CLI sebagai berikut :

Switch>en
Switch#configure terminal
Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport mode trunk
Switch(config-if)#switchport trunk allowed vlan 10,20,30
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#
Switch(config)#interface FastEthernet 1/1
Switch(config-if)#switchport mode trunk
Switch(config-if)#switchport trunk allowed vlan 10,20,30
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#


Referensi : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Virtual_LAN
https://spectrumph.wordpress.com/tag/keuntungan-menggunakan-vlan/


Terimakasih


Komentar

Postingan Populer